Untuk mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong harus didukung dengan melakukan percepatan pembangunan di berbagai bidang termasuk bidang kesehatan. Pembangunan kesehatan diselenggarakan melalui Sistem Kesehatan Nasional. Sistem Kesehatan Nasional ini harus diperkuat dengan kemampuan untuk menciptakan berbagai terobosan dan inovasi menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi pada tataran lokal, nasional, regional, maupun global.

Berbagai terobosan dan inovasi terus dilakukan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan antara lain untuk memastikan ketersediaan obat esensial dan vaksin; memperkuat program seleksi obat yang aman, bermutu, bermanfaat, dan efektif dalam biaya untuk program Jaminan Kesehatan Nasional; memanfaatkan sistem data dan informasi untuk membantu efektivitas dan efisiensi kebijakan; kemudahan perizinan; meningkatkan kemandirian bahan baku obat; percepatan hilirisasi dan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri; memperkuat sistem pengawasan; hingga program promotif preventif untuk meningkatkan penggunaan obat rasional dan alat kesehatan tepat guna kepada masyarakat.

Baca juga:
Peningkatan Pelayanan Kesehatan Menuju Cakupan Kesehatan Semesta

Keberhasilan pembangunan kesehatan khususnya di bidang kefarmasian dan alat kesehatan juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa Indonesia sesuai peran dan fungsinya. Keberhasilan itu juga sangat ditentukan oleh kesinambungan upaya lintas program, upaya lintas sektor, serta kesinambungan dengan upaya yang telah dilaksanakan dalam periode sebelumnya. Tantangan dan hambatan akan selalu siap menghadang, termasuk pandemi COVID-19, namun janganlah menjadi kendala dalam mencapai tujuan.

Jadikan tantangan dan hambatan menjadi peluang untuk berbuat terbaik dengan mengarahkan kemampuan dan daya upaya yang dimiliki. Sehubungan dengan hal tersebut, semoga buku ini dapat bermanfaat untuk melanjutkan dalam merajut karya, menciptakan terobosan, menghadirkan inovasi dan mengukir prestasi dalam mengawal sediaan farmasi dan alat kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Icon
(Buku) Memimpin Dengan Hati: Sigap Mengawal Sediaan Farmasi dan Alat Kesehatan 2018-2020