Optimizing the Role of Pharmacists as Agent Of Change (AoC) GeMa CerMat

130

Dalam rangka percepatan upaya peningkatan kesadaran, kepedulian, pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang pemilihan dan penggunaan obat secara tepat dan rasional, at the date of 13 November 2015, Menteri Kesehatan telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat). Pencanangan GeMa CerMat diikuti dengan sosialisasi yang melibatkan seluruh provinsi. Sasaran kegiatan yaitu organisasi masyarakat, organisasi profesi kesehatan, lembaga pemerintah atau stakeholder terkait.

Bersamaan dengan sosialisasi tersebut, dilaksanakan pula penunjukan Apoteker Agent of Change (AoC) dengan harapaan para Apoteker AoC tersebut memiliki komitmen dan kemampuan mempengaruhi perilaku masyarakat untuk meningkatkan penggunaan obat secara rasional. Terhitung hingga September 2019, Sosialisasi GeMa CerMat sudah dilaksanakan di 214 kabupaten/kota di 34 province, dengan jumlah Agent of Change (AoC) GeMa CerMat yang sudah dilatih sebanyak 5.450 person.

Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan Pembekalan Apoteker AoC dan Sosialisasi GeMa CerMat pada tahun 2016-2018, dilaksanakan kegiatan Optimalisasi Peran Apoteker sebagai Agent of Change GeMa CerMat. Kegiatan ini dilaksanakan untuk pemantauan dan evaluasi, serta optimalisasi peranan Apoteker AoC di masing-masing kabupaten/kota setelah mengikuti pertemuan Sosialisasi GeMa CerMat.

Peserta pertemuan ini merupakan hasil seleksi terhadap Apoteker AoC yang mengikuti pembekalan pada tahun 2016-2018. Seleksi dilakukan secara berjenjang dimulai dari tingkat kabupaten/kota, kemudian tingkat provinsi dan dilanjutkan sampai tingkat pusat. Dari seleksi tersebut diperoleh 100 orang Apoteker AoC terpilih sesuai kriteria yang sudah ditetapkan yaitu frekuensi pelaksanaan edukasi, jumlah masyarakat yang mendapat edukasi, pengembangan metode edukasi, kreatifitas serta program inovasi dalam bidang pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan penggunaan obat rasional. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pembekalan untuk meningkatkan kemampuan peserta yang akan dikukuhkan sebagai Master AoC sehingga AoC yang terpilih mengikuti kegiatan ini dapat menjadi penggerak dan role model bagi AoC lainnya dalam melaksanakan GeMa CerMat.

Kegiatan Optimalisasi Peran Apoteker sebagai Agent of Change GeMa CerMat ini diselenggarakan selama 3 hari secara intensif pada tanggal 7-9 October 2019, attended by 124 peserta, yang terdiri atas 100 orang Apoteker Agent of Change GeMa CerMat, perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia DI Yogyakarta dan peserta pusat.

Pada kegiatan ini, peserta akan mendapat materi yang akan menunjang dan meningkatkan kemampuan AoC dalam memberikan edukasi masyarakat seperti komunikasi profesional, public speaking, pengembangan diri dan kepemimpinan. Pemilihan materi ini disesuaikan dengan kebutuhan apoteker AoC yang telah disampaikan kepada Direktorat Pelayanan Kefarmasian secara langsung maupun melalui Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota.

Pada kesempatan ini pula diberikan penghargaan atas peran dan kontribusi AoC sebagai individu atau sebagai tim dalam mensukseskan GeMa CerMat. Penghargaan tahun ini diberikan kepada tim AoC Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dan tim AoC Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat untuk kategori kelompok dan Ibu Hj. Umy Qalsum, S.Si., Apt. (Kepala Seksi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, West Sulawesi) untuk kategori Individu. Penghargaan dan apresiasi ini diberikan sebagai ungkapan terima kasih atas kerjasama dan upaya yang telah dilaksanakan untuk mengembangkan program GeMa CerMat. Selanjutnya apoteker AoC diharapkan terus menjadi penggerak dan aktif dalam melakukan edukasi dan memberikan informasi yang memadai kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang benar.