HEALTH BUSINESS GATHERING 2021, diselenggarakan di Mulia Resort, Nusa Dua, Bali. Acara ini dibuka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Transformasi Kesehatan Indonesia 2021-2024 merupakan tujuan utama dari acara yang digagas oleh Kementerian Kesehatan RI.

Rangkaian kegiatan Health Business Gathering menampilkan Pameran Produk Alat Kesehatan Dalam Negeri dan Pameran Sediaan Farmasi dalam upaya Kemandirian Indonesia dan juga terdapat pameran virtual Alat kesehatan dalam negeri dan sediaan farmasi.

Selain itu penyelenggaraan Health Business Gathering sebagai upaya meningkatkan pembangunan nasional, terutama bidang kesehatan. Upaya itu dilakukan dengan mengutamakan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur kesehatan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi. Health Business Gathering juga digelar untuk memperkuat hubungan, mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, dan mempromosikan kerja sama kesehatan dengan negara-negara mitra di seluruh dunia. Acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan transformasi kesehatan Indonesia 2021-2024.

Baca juga:
Sosialisasi Perizinan Pengawasan dan Sarana Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan serta Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)

Guna memfasilitasi dan menjalin komunikasi antar pengambil kebijakan dari Indonesia dan negara mitra, baik dari sektor pemerintah, institusi kesehatan, universitas, rumah sakit maupun industri, diharapkan melalui kegiatan ini bisa mempercepat kerja sama di bidang kesehatan, khususnya kefarmasian dan alat kesehatan, layanan kesehatan, dan tenaga kesehatan.

Dalam acara yang diselenggarakan pada 3 – 4 November 2021 tersebut, dibahas topik dan isu strategis mengenai kebijakan investasi sektor kesehatan dan regulasi ketersediaan farmasi dan alat kesehatan dalam upaya resiliensi dan kemandirian. Kemudian, dibahas juga masalah terkait izin edar obat dan vaksin di Indonesia, kerangka kerja strategis dalam reformasi kesehatan, dan dinamika kefarmasian dan alat kesehatan di Indonesia. Health Business Gathering juga akan membahas situasi terkini industri farmasi dan alat kesehatan, peluang ahli teknologi, dan infrastruktur PCR untuk surveilans strategis.